Contoh-contoh Nirmana Trimatra

Nirmana adalah nama ilmu tatarupa yang menjadi salah satu mata kuliah di perguruan tinggi jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Ada dua jenis nirmana yaitu nirmana dua dimensi (dwimatra) dan nirmana tiga dimensi (trimatra). Nirmana sendiri merupakan suatu pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang serta tekstur untuk menjadi satu kesatuan yang harmonis. Nirmana juga dapat diartikan sebagai suatu hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra (2D), trimatra (3D) yang harus mempunyai nilai keindahan.

Intinya, nirmana adalah sesuatu yang tadinya tidak mempunyai arti, menjadi sebuah karya visual tertentu dengan pengolahan unsur dasar visual. Nirmana dwimatra melatih kepekaan mahasiswa untuk unsur-unsur rupa seperti warna, bentuk, garis, dan penerapannya dengan mempertimbangkan komposisi, irama, dan kesatua ke dalam karya bidang datar itu sendiri menjadi kesatuan yang harmoni atau selaras. Nirmana trimatra dibuat d iatas bidang yang mempunyai panjang, lebar, tinggi, dan memiliki ketebalan, ruang serta volume. Sama seperti nirmana datar, sama-sama melatih kepekaan mahasiswa , dan melatih kreatifitas dan kepekaan estetis dalam bentuk tiga dimensi (3D), serta pengenalan material seperti bahan, struktur dan sifatnya.

Video berikut memperlihatkan contoh-contoh nirmana trimatra karya mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Bandung semester pertama. Selamat menyaksikan.


Contoh Nirmana Trimatra Struk Dinding
Nirmana Trimatra

Contoh Nirmana Trimatra Struktur Polyhedral


Contoh Nirmana Trimatra Struktur Bidang

Contoh Nirmana Tiga Dimensi (3D)

Comments