Pakaian Adat Sunda | Pangsi, Iket, Bendo, Kemeja Lukis dan Kaos Lukis

Sunda adalah salah satu suku di Indonesia dan paling banyak berada di Jawa Barat. Banyak sekali ciri khas budaya Sunda (kasundaan) yang perlu dilestarikan untuk mendukung budaya bangsa di antaranya fashion (pakaian adat), keseneian musik, seni bela diri, dan makanan khas Sunda.

Pakaian tradisional Sunda kini sudah menjadi tren fashion yang banyak digemari bukan saja oleh orang Sunda tetapi seluruh bangsa Indonesia bahkan dari luar negeri. Selain cacagan (bentuk dan model) pakaian etnik ini cukup unik, penampilan si pemakai pun terlihat modis dan elegan meski menggunakan pakaian daerah.

Di antara pakaian adat Sunda yang kini sudah menjadi komoditi usaha adalah iket Sund praktis, pangsi, jas koko (jasko),kemeja lukis, kemeja sablon, kaos lukis, dan kaos sablon. Semua bernuansa kasundaan dengan motif khas Sunda seperti batik kujang, harimau, dan aksara Sunda.

Video-video berikut memperlihatkan contoh-contoh fashion khas Sunda produk Distro Naratas, T3C, Legok Buhun, Cipta Adji, dan Distro Kai yang semunya merupakan UKM asal Pameungpeuk Bandung. Selamat menyaksikan!


Pakaian Adat Sunda (Tradisional Sunda
Pakaian Adat
Pangsi Lukis, Kaos Lukis, Kaos Sablon dan Kemeja Lukis


Contoh-contoh Pangsi Sunda Lukis Discharge


Aneka Kemeja dan Kaos Lukis Cabut Warna dengan Motif Khas Sunda

Comments