Rupa-rupa Aksesoris Sunda

Sunda memang cukup kaya dengan beragam kesenian dan kerajian daerah yang ekistensinya perlu dilestarikan karena merupakan kekayaan budaya bangsa. Mulai dari pakaian adat seperti pangsi, salontreng, dan iket, sampai kepada seni tari, seni musik, dan aksesoris. Aksesoris Sunda ini biasanya dipakai bersamaan dengan pakaian adat Sunda sebagai pelengkap ethnic fashion, namun demikian tentu saja tidak masalah jika pemakaian aksesoris tidak dikombinasikan bersamaan dengan pakaian tradisional khas Sunda.

Video di bawah memperlihatkan koleksi foto rupa-rupa aksesoris Sunda hasil karya pengrajin Atjep Pernik Bandung. Beliau membuat berbagai aksesoris kasundaan seperti gelang biji ganitri, gelang manik-manik, gelang biji-bijian, kalung kujang, kalung tulang, dan aksesoris Sunda lainnya.

Meski dibuat manual (handmade) dengan cara dan dengan peralatan sederhanan tetapi hasilnya cukup bagus dan unik hingga banyak menarik para pecinta aksesoris Sunda. Beliau menjual barang-barang tersebut melalui berbagai pameran dan melalui jejaring sosial. Jika sahabat berminat untuk membeli aksesoris tersebut, bisa memesannya melalui alamat dan kontak yang tertera pada video berikut. Selamat menyaksikan!


Aksesoris Sunda

Comments