Hulu Sungai Citarum dan Situ Cisanti Akan Dibenahi Pemerintah

Hulu sungai CiItarum dan Situ Cisanti yang berada di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung Jawa Barat merupakan salah satu aset alam yang harus dilestarikan. Air bersih dari sumber tersebut bermanfaat bagi masyarakat untuk berbagai keperluan termasuk untuk penyiraman lahan pertanian di sekitar lokasi yang mayoritas tanaman sayur.

Eksistansi hulu Citarum dan Situ Cisanti kini menjadi tempat wisata yang cukup indah dan banyak dikunjungi para wisatawan. Selain menyajikan pemandangan yang indah, udara yang segar, juga sering dijadikan lokasi camping.

Tujuh mata air di hulu sungai Citarum yang merupakan petilasan Prabu Siliwangi dan Dipatiukur dijaga dan diurus oleh seorang juru pemelihara atau kuncen. Video di atas diambil beberapa tahun lalu dan sampai saat ini lokasi wisata tersebut telah mengalami banyak perubahan baik dalam hal jumlah pengunjung, aturan masuk, ekosistem, dan kebersihan. Bahkan menurut beberapa sumber sudah terjadi pencemaran.

Pada hari Minggu (28/1/2018) Pangdam III Siliwangi Mayjen Doni Monardo melihat langsung kondisi terkini Situ Cisanti. Ia meminta kepada pengelola kilometer 0 sungai Citarum tersebut untuk tidak memperbolehkan adanya aktivitas memancing. Pemerintah pusat siap turun tangan menyelesaian pencemaran yang terjadi di Sungai Citarum, Jabar.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berjanji penyelamatan Citarum berlangsung awal 2018. Ia menuturkan pencemaran yang terjadi di Citarum juga berkat sumbangsih limbah pabrik. Ada beberapa pabrik baru berdiri di hulu hingga hilir Citarum. Jokowi berjanji penangan Citarum di tahun 2018 akan dilakukan dengan serius hingga selesai. Sehingga, sambung dia, sungai Citarum bisa kembali bersih dan bermanfaat untuk kehidupan masyarakat Jabar dan sekitarnya.

Sumber Berita:
New.Detik.com

Comments